Kemampuan Menulis Bukan Hanya Sekedar Bakat.

Prof.Hikmahanto saat menyampaikan materi pelatihan jurnal
Menulis dalam jurnal internasional merupakan kebutuhan dan keinginan dari pengajar indonesia. adalah suatu kebanggan bila tulisan pengajar dijurnal internasional dibaca, bahkan dikutip oleh peneliti mancanegara.

Namun demikian untuk menembus jurnal internasional dibidang hukum, harus diperhatikan beberapa kiat, memilih topik yang populer, melakukan penelitian, menuangkan kedalam tulisan, memilih bahasa, serta beberapa kiat lain seperti yang disampaikan prof. Hikmahanto Juwana, SH.,LL.M.,Phd dalam pelatihan penulisan artikel ilmiah pagi ini, 18 November 2013 di ruang Vikon Fakultas Hukum Universitas Riau.

Sehingga seorang penulis yang sejatinya penulis ilmiah, maupun penulis koran atau majalah harus bisa menempatkan diri memiliki dua peran, yaitu Sebagai penulis dan sebagai editor yang sekalian disebut sebagai pembaca. maka dengan demikian, penulis tersebut akan memahami apa yang ditulisnya dan menilai secara langsung baik buruknya suatu tulisan.
"penulis sebenarnya dalam menulis itu harus memiliki dua peran, yaitu Sebagai penulis dan sebagai editor yang sekalian disebut sebagai pembaca, sehingga akan mengetahui hasil tulisanya sendiri sebelum dibaca oleh banyak orang", ungkap mantan dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia tersebut.(Raja/Saksi)


Related Post



Posting Komentar