Komunitas Pelayar Justitia Fakultas Hukum UR

sumber : dokumentasi KPJ facebook
Kesempatan cerita langsung dengan founder Komunitas Pelayar Justitia, tujuan komunitas adalah membiasakan mahasiswa untuk aktif membaca, menulis serta menganalisa, menggiatkan mahasiswa untuk turut aktif berpartisipasi dalam perlombaan apa saja yang tentunya di bidang hukum, memaksimalkan potensi mahasiswa di bidang hukum dalam hal kepenulisan, agar mahasiswa mulai terbiasa membuat karya tulis ilmiah. 
 
Pemilihan nama komunitas menggunakan sistem sayembara, dimana anggota dapat menentukan pilihan dan ada empat usulan, hasilnya adalah Pelayar Justitia. Pelayar merupakan identitas dari melayu, secara umum adalah seseorang yang mengarungi untuk mencari hal – hal baru, dimana menjelaskan tentang ketangguhan, ketekunan, konsisten dalam menggerakkan komunitas ini. Sedangkan Justitia dari bahasa latin yang berarti keadilan, dimana termasuk dalam karakter hukum yaitu kepastian, keadilan dan kemanfaatan.

Komunitas yang terbentuk pada 10 maret 2016 ini sedang melakukan proses penguatan komunitas, memastikan bahwa anggota masih memiliki semangat, satu pemikiran dan dapat berpartisipasi mengembangkan ide – ide mereka, serta berencana untuk melegalkan komunitas ini minimal BEM dan DPM mengakui keberadaannya, ungkap Try Fauzan Permana.

Untuk pertemuan sendiri, selalu dilakukan setiap hari jum’at pukul 16.00 wib dimana kegiatan nya adalah anggota menjelaskan 5 – 7 menit tentang ilmu di bidang hukum, penjelasan teknik penulisan seperti essay, LKTI, journal dan sebagai mentor adalah founder. Selain itu kegiatan nya diskusi untuk mencari kesimpulan, berbagi informasi diakhir pertemuan serta evaluasi kegiatan. Komunitas ini juga aktif di social media yaitu BBM, dimana para anggota dapat memberitahukan tentang judul yang dibaca dan buku apa yang sudah diselesaikan, dan itu disebut one day – one bab. Dimana setiap harinya akan direkap oleh admin, dengan pelaporan terakhir pada pukul 22.00 wib.

Founder
“Kendala yang dihadapi pasti ada, apalagi untuk program one day – one bab. Yah sebagai founder saya memberi beberapa teknik kepada anggota seperti bagaimana cara mengatur waktu, selalu follup agar mereka tidak lalai, serta memotivasi anggota melalui group dan private chat,” ungkap Try Fauzan Permana.

"Dibalik kendala tersebut, harapan saya secara luas agar mahasiswa hukum terbiasa untuk membaca, menimbulkan semangat untuk menulis dan melakukan kajian di bidang hukum. dan sebagai wadah pendewasaan untuk memahami hukum," tutup nya.

Komunitas Pelayar Justitia saat ini masih memprioritaskan mahasiswa Fakultas Hukum untuk bergabung, dengan syarat :
  1. Mahasiswa aktif di Fakultas Hukum UR
  2. Dan bergabung via BBM, Pin : 5274830C
  3. Atau dengan datang saat pertemuan.  
Reporter : Cica - Tabloid Saksi

Related Post



Posting Komentar